April 26, 2017
Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Sejarah Komputer
  Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan dua perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu :

1. Perangkat keras komputer (hardware); dan

2. Perangkat lunak komputer (software).

B. Hardware
Hardware/Perangkat Keras : adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu, secara fisik ada wujudnya dan ada bentuknya.
Perangkat Hardware terdiri atas 3 kelompok, yaitu:
1.   Perangkat masukan (Input device)
2.   Perangkat keluaran (Output device)
3.   Perangkat pengolah data (Unit Proses)


1. Input Device
Input Device : Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan
Contoh :
• Keyboard
• Mouse
• Scanner
• Joystick
• Dan lain-lain.

  
2. Output device
Output Device, merupakan perangkat keras komputer Output untuk melihat hasil dari input dan pemrosesan data, misalnya: Layar LCD, Monitor CRT, Printer dan Plotter
Contoh :
MonitorSpeakerPrinter

3. Unit Proses
Unit Proses: Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU atau Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya.
Contoh :
ProcessorROMRAM

C.  Software
Software (perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer. Software juga merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi langsung oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya software ini dibagi menjadi ke dalam 3 (tiga) macam diantaranya:Sistem Operasiperangkat lunak aplikasi (Software Application)Bahasa Pemrograman (Language Program)

1. Sistem Operasi (OS)
Sistem Operasi adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung serta menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas ataupun fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jenis-jenis Sistem Operasi misalnya seperti: Micorsoft Windows, Linux, Mac OS, dan yang lainnya.

 2. Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (Software Application) adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jenis-jenis aplikasi komputer misalnya seperti: Pengolah kata – Microsoft Word, OpenOffice, Pengolah angka – Microsoft Excel, Presentasi – Microsoft PowerPoint, Anti virus dan masih banyak lagi yang lainnya. 

 2. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman (Language Program) adalah suatu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat diterima dan juga dipahami oleh komputer. Atau suatu program untuk pengembangan sistem seperti bahasa pemrograman turbo pscal, Visual Basic, Delphi, pemrograman editor, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

sekian dari saya mohon maaf jika masih banyak kekurangan. Trimakasih

0 komentar:

Post a Comment